0
Kualitas Air - water quality


Air merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia, karenanya mengonsumsi air yang bersih menjadi faktor keharusan tersendiri. Lalu bagaimana cara mengetahui suatu air bersih atau tidak?
Tidak semua daerah di Indonesia terutama di Jakarta memiliki kualitas air yang baik, padahal air digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan salah satunya untuk minum. Karena itu kebersihan air yang diminum akan mempengaruhi kesehatan seseorang.
Sedangkan untuk senyawa-senyawa kimia seperti logam berat biasanya akan kelihatan dan berbau. Misalnya untuk logam Fe (besi) atau mangan, begitu air tersebut ditampung akan terlihat seperti ada lapisan kaca atau minyak di aatsnya. Jika didiamkan beberapa lama akan timbul endapan coklat di pinggiran ember atau panci. Tapi untuk senyawa kimia seperti Arsen umumnya tidak berwarna.
Air yang digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan sehari-hari dan juga air minum juga berbeda-beda, ada yang menggunakan air tanah dangkal atau dalam serta air PAM.
Sedangkan untuk air PAM bahan baku yang digunakan biasanya berasal dari air sungai. Seperti diketahui beban air sungai saat ini cukup berat karena dari hulunya sudah tercemar oleh limbah rumah tangga, industri dan pestisida hutan, sehingga kinerja penyaringannya pun makin berat.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Unilever yang bekerja sama dengan Sucofindo pada tahun 2009 di 300 sumber air tanah di wilayah Jabodetabek dan Bandung didapatkan hasil 48 persen air tanah di Jabodetabek dan Bandung mengandung bakteri coliform, dan 50 persen air tanah memiliki tingkat pH yang rendah dan diluar ambang batas wajar.


Sumber : Detik health

Water constitutes one of essential component in human life, hence consume clear water as alone compulsion factor. Then how to knows a fresh water or not?
Are not all region at Indonesian especially at Jakarta has good water quality, eventually water is utilized to a variety activity kind and one of it for drinks. In consequence water hygiene that is drunk will regard someone health.
Meanwhile for chemical compound as heavy metal usually will visible and smelly. E.g. for Fe's metal (iron) or manganese, so that water is kept all will appear to be there is glaze or oil at aatsnya. If idled by a long moment will arise chocolate sediment at brimming pail or pan. But for chemical compound as Arsenic by and large colourless.
Water that utilized by society for knockabout activity and also drinking water also different, there is that utilize shallow ground water or deep and PAM'S water.
Meanwhile for PAM'S water raw material that is utilized usually indigenous water an river. As acknowledged as current river water charges enough heavy for from upstream it was begrimed by family waste, industry and forest pesticide, so its winnow performance even gets weight.
Base survey that did by Unilever what do work equal to Sucofindo on year 2009 at 300 ground water source at territorial Jabodetabek and Bandung was gotten to usufruct 48 ground water percent at Jabodetabek and Bandung contains coliform's bacteria, and 50 ground water percent have to increase pH that low and openair fairly bounds sill.

Manfaat Air (Benefits of Water)

Archive

 
Kualitas Air | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog